Achmad Dimas Achmad Dimas pernah menjabat sebagai editor dan penulis di Pikiran-Rakyat.com di tahun 2022. Menulis sejak 2017 hingga sekarang. Suka membahas hal trending dan tutorial teknologi.

9 Cara Atasi Kuota Smartfren Tidak Bisa Digunakan Padahal Kuota Masih Ada

2 min read

Kuota Smartfren Tidak Bisa Digunakan

Blogdimas.id – Apakah sekarang sobat mengalami kendala kuota Smartfren tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada. Jika iya maka tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang sudah saya rangkum dan wajib sobat coba.

Smartfren menyediakan berbagai pilihan kuota mulai dari kuota utama, kuota lokal, kuota malam, kuota aplikasi, kuota unlimited dan masih banyak lagi. Apalagi jika lihat di menu aplikasi MySmartfren maka akan cukup banyak paket berbagai jenis yang bisa dibeli.

Kuota Smartfren Tidak Bisa Digunakan

Di MySmartfren terdapat cukup banyak fitur didalamnya mulai dari cek pulsa, beli paket internet dan yang paling terpenting yaitu cek kuota internet. Dimana pelanggan kartu Smartfren bisa mengetahui sisa kuota internet melalui aplikasi satu ini.

Baca juga Kenapa Bi Fast BRI Tidak Bisa Digunakan.

Kuota internet yang sudah dibeli bisa di cek dan akan tahu kuota internet jenis apa yang didapatkan. Namun seringkali ada sebagian pelanggan yang mengalami kendala kuota Smartfren tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada.

Tentunya hal ini bisa disebabkan oleh beberapa penyebab sebagai berikut.

Penyebab Kuota Smartfren Tidak Bisa Digunakan Padahal Kuota Masih Ada

  • Tersisa Kuota Malam – Terkadang sebagian pengguna tidak tahu tentang kuota malam. Dimana jika tersisa kuota malam saja pada kartu Smartfren. Maka kuota hanya bisa digunakan pada jam larut malam dan hal inilah yang jadi alasan kuota Smartfren tidak bisa digunakan padahal masih ada.
  • Tersisa Kuota Aplikasi – Ada jenis kuota yang hanya bisa digunakan untuk aplikasi tertentu. Jika tersisa kuota aplikasi maka kuota hanya bisa digunakan untuk akses aplikasi tertentu dan tidak bisa digunakan untuk ke semua aplikasi.
  • Belum Registrasi – Ada kuota internet yang biasa dijual satu paket dengan kartu baru. Jika kartu tersebut langsung digunakan untuk akses internet dan belum di registrasi. Maka jelas akses ke internet gagal karena kuota tersebut tidak bisa digunakan.
  • Kuota Lokal – Penyebab kendala kuota Smartfren tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada juga bisa disebabkan karena kuota lokal yang digunakan diluar wilayah. Misalnya kuota lokal untuk kota A namun pengguna kuota di kota B. Maka jelas kuota lokal tidak akan berkurang dan tidak dapat digunakan.

Baca juga cara mengatasi Voucher Smartfren Tidak Bisa Digunakan.

Cara Atasi Kuota Smartfren Tidak Bisa Digunakan Padahal Kuota Masih Ada

Disini ada beberapa tips cara atasi kuota Smartfren tidak bisa digunakan sebagai berikut.

1. Kenali Jenis Kuota

Cara pertama yaitu sobat harus mengenali jenis kuota yang akan digunakan. Misal di aplikasi MySmartfren terlihat hanya tersisa kuota malam. Maka gunakan kuota tersebut diatas jam 12 malam atau larut malam. Maka kuota akan bisa berkurang dan bisa digunakan.

Mengenali jenis kuota yang tersisa cukup penting agar ketika kuota utama habis dan tersisa kuota jenis lain. Maka kita bisa gunakan kuota tersebut hingga habis. Sepele namun masih banyak yang belum tahu akan hal ini.

2. Cek Gangguan Provider

Penyebab kuota Smartfren tidak bisa digunakan padahal masih ada juga bisa dikarenakan terjadi gangguan provider. Untuk cek gangguan bisa melalui situs berikut (https://www.cekgangguan.id/layanan/smartfren).

Jika memang terjadi gangguan provider di tempat sobat maka jelas hal inilah yang jadi penyebab kuota Smartfren tidak berkurang dan tidak bisa digunakan.

Gangguan provider biasanya ditandai dengan signal bar penuh namun akses internet tidak bisa, selain itu signal bar yang hilang juga jadi tanda-tanda adanya gangguan provider dan masih banyak lagi. Solusi terbaik yaitu menunggu hingga gangguan provider ini berakhir dan akses internet bisa normal seperti biasa.

Baca juga Cara Mengatasi Cek Pulsa Smartfren Tidak Bisa.

3. Gunakan Sesuai Wilayah

Kuota lokal yang digunakan diluar wilayah juga bisa jadi penyebab kuota Smartfren tidak bisa digunakan. Sepele namun banyak yang belum tahu mengenai pembagian wilayah atau zona pada kartu provider.

Solusi untuk atasi hal ini yaitu gunakan kuota internet di kota/wilayah sesuai saat sobat mengaktifkan paket internet tersebut. Semisal beli paket di kota A maka gunakan di kota A. Karena jika digunakan diluar kota atau wilayah maka kuota lokal ini tidak bisa digunakan.

4. Gunakan Sesuai Aplikasi

Jika kuota utama habis dan tersisa kuota untuk khusus aplikasi tertentu maka gunakan sesuai untuk aplikasi tertentu. Semisal kuota utama habis dan tersisa kuota sosial media. Maka gunakan untuk akses sosmed karena jika untuk aplikasi lain maka kuota Smartfren tidak bisa digunakan.

Hal ini masih banyak yang belum tahu apalagi jika belum download aplikasi MySmartfren. Aplikasi ini penting untuk mengetahui kuota yang tersisa dan informasi jenis kuota internet tersebut.

5. Registrasi Jika Baru Membeli

Jika baru pertama kali membeli kartu Smartfren dengan kuota didalamnya. Maka registrasi terlebih dahulu dan jangan langsung digunakan untuk akses internet.

Kenapa perlu registrasi ? Hal ini dikarenakan kartu Smartfren yang baru sobat beli dan belum di registrasi pastinya tidak dapat digunakan untuk akses internet. Kartu baru bisa digunakan setelah di registrasi sesuai aturan Pemerintah.

Akhir Kata

Demikian untuk cara atasi kuota Smartfren tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada. Jika ada pertanyaan mengenai kendala ini bisa Komentar dibawah ya. Sekian dari Blogdimas.id dan terimakasih telah berkunjung.

Achmad Dimas Achmad Dimas pernah menjabat sebagai editor dan penulis di Pikiran-Rakyat.com di tahun 2022. Menulis sejak 2017 hingga sekarang. Suka membahas hal trending dan tutorial teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + thirteen =